wsc biolo

Tahukah Anda, Pemanis Buatan Bisa Bikin Badan Melar

Tahukah Anda…

Mengonsumsi soda diet ternyata tak lebih sehat ketimbang mengonsumsi soda biasa. Pasalnya, pemanis buatan yang membuat soda diet menjadi rendah kalori, nyatanya justru bisa meningkatkan keinginan untuk makan lebih banyak, ketimbang saat Anda mengonsumsi gula asli.

Untuk melihat efek pemanis buatan dibanding dengan gula asli, para peneliti yang menerbitkan temuan mereka dalam jurnal Cell Metabolism melakukan percobaan terhadap tikus dan mendapat hasil yang sama: tikus yang diberi makanan dengan gula palsu selama tujuh hari, makan 50 persen lebih banyak ketimbang tikus yang diberi makanan dengan gula asli. Dalam hal ini, tikus memiliki keterlibatan impuls saraf yang sama dengan manusia.

Peneliti menemukan bahwa pusat-pusat reward otak mengasosiasikan rasa manis dengan harapan bahwa akan ada banyak kalori yang datang. Karena, makanan dengan pemanis buatan memberikan kalori lebih sedikit ketimbang yang diharapkan otak, maka otak menempatkan panggilan untuk mendapatkan lebih banyak makanan.

Sehingga, ketika asupan manis tidak memberikan energi seimbang untuk jangka waktu tertentu, otak akan meningkatkan sinyal untuk meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi dan Anda seakan ingin makan terus.

Walau Scientific American berpendapat masih terlalu dini untuk sepenuhnya menerapkan temuan ini bagi manusia, kasus obesitas akibat pemanis buatan semakin kuat dari hari ke hari.

Peneliti juga mencatat, penelitian ini bukan untuk mengatakan bahwa Anda lebih baik mengonsumsi minum soda biasa, sebab keduanya sama tidak sehatnya. Dalam sekaleng soda biasa, terkandung jumlah gula yang melebihi kebutuhan harian gula, bahkan sebelum Anda menghabiskannya.

Namun, para ahli percaya ada beberapa konsekuensi metabolik saat Anda mulai sering mengonsumsi pemanis buatan.

Dan tahukah Anda, dikutip dari berbagai sumber ternyata pemanis buatan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan, diantaranya :

1. Menambah berat badan

Sebuah studi yang dilakukan selama 20 tahun terhadap 120.000 pria dan wanita, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, menemukan bahwa orang yang meningkatkan konsumsi minuman manis meski hanya satu porsi per hari, dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan dari waktu ke waktu.

Studi-studi lain telah menemukan hubungan yang signifikan antara konsumsi minuman manis dan penambahan berat badan pada anak-anak. Satu studi menemukan bahwa untuk setiap 12 ons soda yang dikonsumsi setiap hari, akan menambah berat badan anak hingga sebesar 60 persen selama 18 bulan.

2. Menghambat rasa kenyang

Minuman manis seperti soda mengandung sekitar 240 kalori, sayangnya minuman manis tidak menghasilkan rasa kenyang yang sama dengan makanan padat lainnya, meski mengandung jumlah kalori yang sama. Sehingga anda akan lebih banyak makan makanan padat, agar merasa kenyang. Hal ini justru akan memperbanyak asupan kalori.

3. Meningkatkan risiko serangan jantung

Sebuah studi yang dilakukan di Harvard terhadap 40.000 peserta selama dua dekade menemukan bahwa pria yang minum rata-rata satu kaleng minuman manis per hari, memiliki risiko 20 persen lebih tinggi terkena serangan jantung daripada pria yang jarang mengonsumsi minuman manis.

4. Meningkatkan risiko kanker pankreas

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 oleh University of Minnesota menemukan bahwa minum minuman manis seperti soda sedikitnya dua kali dalam seminggu, dapat meningkatkan risiko kanker pankreas hingga 2 kali lipat. Studi tersebut dilakukan selama 14 tahun terhadap 60.524 peserta.

5. Melemahkan otot

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2000 dan diterbitkan dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine menemukan hubungan yang signifikan antara minum minuman ringan berkarbonasi dengan patah tulang di kalangan remaja.

Hal ini disebabkan karena kerusakan otot yang terjadi setelah mengonsumsi minuman bergula secara teratur bahkan hanya dalam waktu 4 minggu.

6. Menyebabkan kerusakan gigi

Semua minuman ringan dan beberapa minuman olahraga umumnya mengandung pemanis yang dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan kerusakan gigi. Minuman manis dapat menyebabkan keasaman pada mulut yang merupakan faktor utama dalam pengembangan kerusakan gigi.

Aboutadmin wscbiolo

Pelangsing WSC Biolo asli tanpa efek samping dan tidak menimbulkan ketergantungan. Aman dan HALAL.