Cara Membuat Purchase Order di Excel: Panduan Lengkap

Pendahuluan

Apakah Anda salah satu dari mereka yang ingin belajar cara membuat purchase order di Excel? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana Anda dapat membuat purchase order dengan menggunakan aplikasi spreadsheet yang populer ini. Tak perlu khawatir, Anda tidak perlu menjadi ahli Excel untuk dapat melakukannya. Kami akan memandu Anda melalui setiap langkah dengan bahasa yang sederhana dan santai. Jadi, mari kita mulai!

Bagian 1: Persiapan

Pahami Konsep Purchase Order

Sebelum memulai, penting bagi Anda untuk memiliki pemahaman yang cukup tentang konsep purchase order. Sebuah purchase order merupakan dokumen tertulis yang digunakan oleh perusahaan untuk memesan barang atau jasa dari pemasok. Purchase order ini berisi detail seperti nama pemasok, deskripsi barang/jasa yang diorder, jumlah yang dipesan, harga, dan syarat-syarat lainnya. Dengan purchase order, Anda dapat mengatur dan melacak pesanan Anda dengan lebih efisien.

Siapkan Data yang Diperlukan

Sebelum membuat purchase order di Excel, pastikan Anda memiliki semua data yang diperlukan. Ini termasuk informasi pemasok, daftar barang yang dipesan, harga, dan hal-hal lain yang perlu dimasukkan ke dalam purchase order. Pastikan Anda memiliki data ini tersedia dan terorganisir sebelum melangkah ke langkah selanjutnya.

Bagian 2: Membuat Purchase Order

Langkah 1: Buka Excel dan Buat Lembar Baru

Langkah pertama adalah membuka Microsoft Excel dan membuat lembar baru. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi Excel dan memilih opsi “Lembar Kerja Baru” atau dengan menggunakan pintasan keyboard “Ctrl + N”. Setelah itu, Anda akan memiliki lembar kosong di depan Anda, siap untuk dimulai.

Baca Juga  Cara Menghitung Gaji Pokok di Excel: Panduan Lengkap

Langkah 2: Buat Header Purchase Order

Setelah Anda memiliki lembar kerja baru, langkah berikutnya adalah membuat header untuk purchase order. Header ini akan berisi informasi seperti nama perusahaan Anda, alamat, nomor telepon, dan informasi lain yang relevan. Anda dapat menempatkan header di bagian atas lembar kerja dengan menggunakan format teks yang menarik dan mudah dibaca.

Langkah 3: Buat Daftar Barang yang Dipesan

Selanjutnya, Anda perlu membuat daftar barang yang dipesan di purchase order. Buat kolom untuk setiap detail barang, seperti nama barang, kode, jumlah yang dipesan, harga, dan subtotal. Anda juga dapat menambahkan kolom tambahan untuk menghitung total pembayaran.

Langkah 4: Hitung Total Pembayaran

Dalam langkah ini, Anda perlu menghitung total pembayaran untuk purchase order Anda. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan formula matematika sederhana di Excel. Gunakan fungsi “SUM()” untuk menjumlahkan jumlah subtotal barang yang dipesan. Dengan ini, Excel akan secara otomatis menghitung total pembayaran berdasarkan jumlah dan harga yang Anda masukkan.

Langkah 5: Tambahkan Detail Lainnya

Selain informasi pemasok dan daftar barang yang dipesan, Anda mungkin juga perlu menambahkan detail lain ke dalam purchase order. Misalnya, jika ada syarat pembayaran atau instruksi pengiriman khusus, pastikan Anda menyertakan informasi tersebut di purchase order Anda. Buatlah kolom atau bagian tambahan untuk detail ini agar terlihat jelas dan teratur.

Bagian FAQ

Bagaimana Cara Menyimpan Purchase Order di Excel?

Untuk menyimpan purchase order di Excel, Anda cukup menggunakan opsi “Simpan” yang ada di menu “File”. Pilihlah lokasi dan nama file yang sesuai, kemudian tekan tombol “Simpan”. Ini akan menyimpan purchase order Anda dalam format Excel yang dapat Anda akses kapan pun.

Baca Juga  Cara Cancel GrabFood: Panduan Lengkap dan Praktis

Apa Yang Harus Saya Lakukan Jika Terdapat Kesalahan dalam Purchase Order?

Jika terdapat kesalahan dalam purchase order yang telah Anda buat, jangan panik! Dalam Excel, Anda dapat dengan mudah mengedit dan memperbaiki kesalahan tersebut. Cari dan perbaiki kesalahan yang ada, lalu simpan perubahan yang Anda lakukan. Pastikan untuk mengirimkan purchase order yang sudah diperbaiki kepada pemasok Anda.

Apakah Saya Bisa Menggunakan Template Purchase Order yang Telah Ada di Excel?

Tentu saja! Microsoft Excel menyediakan berbagai template purchase order yang sudah siap pakai. Anda dapat membuka template tersebut dan menggantinya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Meskipun demikian, membuat purchase order Anda sendiri memberikan fleksibilitas yang lebih besar dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya dengan persyaratan bisnis Anda.

Berapa Banyak Purchase Order yang Harus Saya Buat?

Jumlah purchase order yang harus Anda buat tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda sering melakukan pembelian barang, tentu disarankan untuk membuat purchase order untuk setiap pesanan agar Anda dapat melacaknya dengan lebih baik. Namun, jika pembelian yang dilakukan relatif sedikit, Anda dapat menyatukan beberapa pesanan dalam satu purchase order.

Apakah Saya Harus Menggunakan Microsoft Excel?

Secara teknis, tidak ada aturan yang mengharuskan Anda menggunakan Microsoft Excel untuk membuat purchase order. Namun, Excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet yang paling populer dan mudah digunakan. Selain itu, Excel menyediakan berbagai fitur dan formula yang dapat membantu Anda membuat purchase order dengan lebih efisien dan akurat.

Apakah Proses Membuat Purchase Order di Excel Sulit untuk Pemula?

Tidak, proses membuat purchase order di Excel sebenarnya cukup sederhana dan dapat dipelajari dengan cepat oleh pemula sekalipun. Dengan panduan langkah demi langkah yang kami berikan di artikel ini, Anda akan dapat membuat purchase order dengan mudah dan efisien dalam waktu singkat.

Baca Juga  Cara Mencari Akun di Shopee: Tips dan Trik untuk Memaksimalkan Pengalaman Berbelanja Anda

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat purchase order di Excel dengan santai dan mudah dipahami. Kami harap informasi ini bermanfaat bagi Anda dan membantu meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membuat purchase order yang rapi, terstruktur, dan mudah ditelusuri. Jangan ragu untuk menjelajahi artikel lain yang kami sajikan untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut. Selamat membuat purchase order di Excel!