Penyebab Perut Buncit dan Tips Mengecilkan Perut

Penyebab Perut Buncit dan Tips Mengecilkan Perut

penyebab perut buncit

Apa yang menjadi penyebab perut buncit? Adapun yang menjadi faktor penyebab perut buncit dipengaruhi banyak hal antara lain :

1. Hormon dan usia

Tubuh pria dan wanita memiliki tempat penyimpanan lemak utama yang berbeda. Pada pria, jaringan adiposa, jaringan yang menampung lemak terakumulasi di bagian perut dan pinggang. Sedangkan wanita lebih banyak terkumpul di pinggul dan paha. Seiring bertambahnya usia, pria lebih rentan memiliki perut buncit pada usia lebih dari 40 tahun. Pasalnya berkurangnya hormon testosteron menyebabkan kalori yang berlebih di tubuh menumpuk menjadi lemak visceral.

Selain itu, bertambahnya usia juga akan membuat seseorang kehilangan massa otot, terutama jika kurang berolahraga dan lebih banyak duduk. Berkurangnya massa otot akan menurunkan metabolisme tubuh dalam mengolah kalori. Akibatnya, kemampuan sel lemak di beberapa organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi dalam menyimpan lemak. Itu sebabnya jika seseorang kelebihan lemak, maka lemak akan langsung terkumpul ke bagian perut, yang menjadi penyebab perut buncit.

2. Menstruasi

Penyebab perut buncit juga bisa karena faktor menopause. Beberapa wanita mengalami kenaikan lemak perut saat berada pada fase menopause, yang biasanya terjadi satu tahun setelah seorang wanita memiliki periode menstruasi terakhirnya.

Pada waktu tersebut, kadar estrogen turun drastis, sehingga menyebabkan lemak disimpan di perut, bukan lagi pada pinggul dan paha. Satu studi menemukan jika wanita yang menopause dini cenderung mendapatkan lemak perut tambahan.

Sama dengan pertambahan usia, menopause juga tidak bisa dihindari. Salah satu caranya untuk wanita yang telah memasuki menopause harus rutin berolahraga.

3. Wanita menderita PCOS

PCOS (PolyCystic Ovary Syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Kondisi ini menyebabkan hormon wanita yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang karena hal-hal yang tidak diketahui.

PCOS membuat wanita memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan sering memicu kenaikan berat badan, terutama karena lemak di sekitar perut.

4. Bakteri firmicutes di usus

Memelihara kesehatan usus sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat sehingga mampu terhindar dari penyakit. Pasalnya, ratusan jenis bakteri hidup dalam usus Anda, terutama di usus besar. Beberapa bakteri ada yang bermanfaat bagi kesehatan, ada juga yang merugikan.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang gemuk cenderung memiliki jumlah bakteri Firmicutes di usus lebih banyak dari pada orang dengan berat badan normal. Penelitian juga menunjukkan bahwa jenis bakteri tersebut dapat meningkatkan jumlah kalori yang diserap dari makanan sehingga mampu menaikkan berat badan, termasuk lemak perut. Tidak menutup kemungkinan bakteri ini bersarang pada orang yang kurus juga.

5. Malas berolahraga

Malas olahraga adalah masalah utama yang menjadi penyebab perut buncit.  Jika Anda jarang melakukan aktivitas fisik dan berolahraga, sehari-hari hanya makan dan tiduran, maka jangan kaget kalau bentuk perut Anda membesar. Pasalnya, lemak dari makanan yang Anda makan tidak akan terbakar tanpa melakukan aktivitas dan menyebabkan lemak tertimbun di satu bagian saja, yaitu perut.

Lemak visceral sangat responsif terhadap diet dan teknik olahraga. Lakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti jalan cepat, aerobik, zumba, jogging, dan lain sebagainya yang memungkinkan Anda aktif bergerak. Latihan kekuatan otot juga penting, fungsinya untuk mengencangkan kembali massa otot yang mengendur karena efek penuaan.

Selain itu, olahraga juga akan membantu Anda menstabilkan gula darah, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Jika dilakukan hal tersebut akan efektif untuk mencegah kenaikan berat badan, terlebih jika diimbangi dengan memperhatikan asupan makanan yang sehat dan rendah lemak.

6. Stress

Stres juga menjadi penyebab perut buncit. Faktor stres berpengaruh besar terhadap kenaikan berat badan sehingga menyebabkan penumpukan lemak di perut. Pada banyak orang, saat mengalami stres, nafsu makan akan meningkat terutama makan makanan manis dan tinggi lemak sehingga menyebabkan penumpukan lemak berlebih di perut.

Selain itu, hormon kortisol alias hormon stres akan meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan melebarkan ukuran sel lemak. Tingginya kadar hormon kortisol dalam tubuh sering dikaitkan dengan meningkatnya lemak perut.

7. Kurang Tidur

Memiliki waktu tidur yang cukup adalah salah satu hal penting yang dapat memengaruhi kesehatan. Banyak penelitian yang menemukan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko kenaikan berat badan, yang mana berpengaruh pada penumpukan lemak visceral.

Jika Anda tidur kurang dari enam jam setiap malam, maka akan memperbesar peluang untuk menumpuk lemak perut sebagai salah satu penyebab perut buncit.

8. Konsumsi Alkohol

Seperti kelebihan berat badan pada umumnya, obesitas sentral alias perut buncit, sering kali dipicu oleh konsumsi alkohol sehingga banyak yang menyebut perut buncit dengan beer belly atau perut bir. Saat mengkonsumsi alkohol, aktivitas neuron otak mengalami peningkatan yang berhubungan berhubungan dengan rasa lapar. Hal inilah yang membuat para pemabuk berat cenderung memiliki perut yang buncit dan kelebihan berat badan.

Selain itu, konsumsi alkohol akan meningkatkan asupan glukosa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan menumpuk lemak di dalam perut.

9. Postur tubuh yang buruk/membungkuk

Faktor yang dapat membuat perut kita buncit tanpa disadari ialah dari postur tubuh yang bungkuk. Saat kamu berdiri dengan posisi yang bungkuk maka perutmu akan terlihat lebih besar, namun ketika kamu berdiri dengan posisi tegak maka perutmu akan terlihat lebih kecil.

Hal ini dikarenakan saat kita berdiri maupun duduk dengan posisi tegak maka otot-otot pada bagian perut akan tertarik ke atas, yang membuat perut akan jadi nampak lebih kecil. Mulai sekarang biasakan duduk dengan postur yang tegak.

Sedang tips yang harus diterapkan untuk mengecilkan perut simak hal-hal di bawah ini.

tips mengecilkan perut

1. Gunakan pelangsing wsc (world slimming capsule) biolo

Konsumsikan secara rutin kapsul import asli GuangZhou China di tiap pagi sebanyak 2 butir habis makan. Obat diet ini bermanfaat membuang lemak di perut. Sudah banyak orang meminum suplemen pengecil perut wsc biolo wootekh dan semua mereka menjadi testimoni kesuksesan wsc biolo dalam menghilangkan lemak perut dan lemak tubuh lainnya. Selain khasiatnya yang manjur harganya juga terjangkau murah  Rp380.000/botol tidak sampai menguras biaya sehingga banyak sekali yang memilih wsc biolo sebagai solusi dari perut buncit. Pemesanan dan info selanjutnya chat di WA/LINE 081365256554.

2. Olahraga teratur

Kunci sukses mengecilkan perut buncit adalah dengan aktif bergerak dan olahraga teratur. Pasalnya, lemak visceral akan datang saat Anda mager, alias malas gerak. Jadi mulai sekarang cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Tak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, cukup dimulai dari yang ringan hingga sedang seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, renang, ataupun senam aerobik.

Lakukanlah secara rutin karena aktivitas tersebut dapat membantu Anda mengendalikan berat badan, meningkatkan denyut jantung, dan memperlambat timbulnya lemak visceral pada perut Anda. Jika berat badan Anda saat ini sudah berada dalam batas normal, maka tujuan olahraga Anda bukan lagi menurunkan berat badan tetapi menambah massa otot. Sel otot membakar lemak lebih banyak dibanding sel tubuh lainnya, sehingga jika massa otot Anda tinggi maka sehari-hari Anda akan membakar kalori lebih banyak sekaligus mengurangi tumpukan lemak pada perut.

3. Perhatikan asupan makanan sehari-hari

Memperhatikan asupan makananan sehari-hari tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, namun juga membantu mengecilkan perut buncit. Anda harus memperhatikan porsi makan dan asupan zat gizi dari makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk mengecilkan perut buncit adalah makanan yang tinggi serta, mengandung protein, serta membatasi asupan karbohidrat.

Penelitian Hairston menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi 10 gram serat per hari (seperti satu buah apel kecil, ataupun secangkir kacang hijau dapat mencegah timbulnya lemak visceral pada perut.

4. Pastikan tidur yang cukup

Lagi-lagi tidur bermanfaat untuk kesehatan termasuk dalam upaya untuk mengecilkan perut Anda. Menurut sebuah penelitian diketahui bahwa orang yang tidur cukup, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari memperoleh lebih sedikit lemak visceral dibandingkan dengan orang yang tidurnya kurang dari enam jam perhari. Jadi pastikan Anda cukup tidur setiap harinya.

5. Hindari stress

Selain tidur yang cukup, penting bagi Anda untuk menghindari diri dari stres. Pasalnya, mengelola stres tanpa Anda sadari dapat membantu dalam mengecilkan perut buncit. Cobalan untuk bersantai dengan keluarga atau teman, bermeditasi, olahraga, jalan-jalan, atau melakukan berbagai hal yang Anda sukai agar membuat Anda tetap bahagia dan terhindar dari stres.

6. Perbanyak konsumsi cairan

Pernahkah Anda terbangun dengan keadaan perut yang membesar dibanding sebelumnya? Hal tersebut dapat terjadi jika Anda terlalu banyak makan malam hari sebelumnya. Jika hal tersebut terjadi, cobalah untuk perbanyak konsumsi cairan, seperti sup, jus saat sarapan.

Meminum cairan sebelum makan dapat membuat Anda merasa lebih cepat kenyang sehingga menghindari Anda dari makan berlebih. Selain itu, asupan cairan yang cukup juga akan membantu melancarkan pencernaan Anda.